Saturday, January 25, 2014

sinopsis the great gatsby (2013) : dibalik cahaya hijaunya..


 awalnya saya tidak tertarik pada film ini. tapi seorang teman saya menyarankannya. yah.. akhirnya saya menonton film yang diadaptasi dari novel karya F.S. fizgerrald pada tahun 1925.. sebuah novel yang terhitung lama. novelnya mendapat sambutan meriah. sehingga dibuat beberapa film adaptasinya.
nah disini kita akan membahas aadaptasinya pada tahun 2013 yang dibumbui dg 3D yang bagus dan mengagumkan..
sinopsis:
seorang pria muda bernama nick carraway, merasa mengalami tekanan psikologis sehingga dia mendatangi psikiater. ia menceritakan tentang seseorang bernama gatsby, seseorang yang tidak pernah bisa ia lupakan, seseorang yang menurutnya pria paling penuh harapan yang pernah nick temui. tapi nick kesusahan dalam mengungkapkan isi hatinya, sehingga sang psikiaterpun menyarankannya untuk menuliskan apa yang ingin ia sampaikan.
(flashback)
pada tahun 1922, nick carraway pindah ke new york, tepatnya di west egg, long island. ia bekerja sebagai penjual obligasi. sampai suatu saat ia merasa selalu diperhatikan oleh tetangganya. tetangganya yang merupakan seorang milyarder misterius, mempunyai rumah besar bak istana yang selalu dipenuhi orang setiap minggu untuk berpesta pora. ia bernama jay gatsby. ia selalu melihat tetangganya itu berdiri saat senja di dermaga dekat teluk miliknya sambil mengulurkan tangan ke udara seakan menggapai sesuatu.
nick carraway sering diundang sepupunya, daisy buchanan dan suaminya tom, untuk makan malam di rumah besar mereka di east egg, di seberang teluk. disini ia bertemu dengan jordan baker, seorang atlit golf ternama, yang kemudian memberitahu nick bahwa tom buchanan, suami sepupu nick, mempunyai selingkuhan di sebuah desa pembuangan industri (lembah abu) di west egg.
suatu ketika, tom mengajak nick menemui selingkuhannya di lembah abu yang ternyata bernama myrtle, istri dari seorang pria bernama george wilson. mereka berpesta pora semalaman di new york city.
seiring musim panas berlalu, Nick menerima undangan ke pestanya Gatsby. Setelah tiba, ia mengetahui bahwa meski jumlahnya ratusan, tak satupun tamu yang pernah bertemu Gatsby secara langsung, dan mereka sudah mengarang cerita seputar asal usulnya. Nick bertemu Jordan, lalu bertemu Gatsby yang rupanya masih muda. Melalui Jordan, Nick mengetahui bahwa Gatsby mengenal Daisy pada pertemuan romantis tahun 1917. Sejak itu Gatsby selalu tergila-gila pada Daisy. Setiap malam ia menatap cahaya hijau di ujung dermaga rumah Daisy, tepat di seberang teluk dari rumahnya, dengan harapan suatu hari mereka akan bersatu kembali. Kehidupan dan pesta Gatsby yang mewah adalah usaha untuk menarik perhatian Daisy agar ia datang ke rumahnya. Gatsby sekarang ingin Nick mengadakan reuni antara dirinya dan Daisy. Nick mengundang Daisy minum teh di rumahnya tanpa memberitahu bahwa Gatsby juga ada di sana. Setelah canggung sebentar, Gatsby dan Daisy pun menjadi akrab dan mereka memulai perselingkuhan. Sesaat kemudian, Daisy dan Tom menghadiri pesta Gatsby. Di sana, Tom mulai curiga akan hubungan istrinya dengan Gatsby. Selama makan siang di rumah keluarga Buchanan, Gatsby menatap Daisy dengan begitu terpesona sampai-sampai Tom menyadari Gatsby jatuh cinta kepadanya. Meski Tom sendiri terlibat perselingkuhan, ia sangat marah melihat kebohongan istrinya. Ia memaksa semuanya pergi ke New York City dan menyerang Gatsby di plaza hotel. Tom menjelaskan bahwa ia dan Daisy mempunyai sejarah yang takkan pernah dimengerti Gatsby dan mengumumkan kepada istrinya bahwa Gatsby adalah penjahat yang kekayaannya berasal dari penjualan alkohol dan aktivitas ilegal lain. Kesabaran Gatsby hilang dan menjadi murka, kemudian malu sendiri. Pasca insiden tersebut, Daisy menyadari bahwa ia lebih setia pada Tom, yang menyuruhnya pulang ke East Egg bersama Gatsby untuk membuktikan bahwa Gatsby tidak bisa melukai Tom.
Ketika Nick, Jordan, dan Tom melintasi lembah abu, mereka mengetahui bahwa mobil Gatsby menabrak dan menewaskan Myrtle, kekasih Tom. Mereka langsung pulang ke Long Island, tempat Nick mengetahui dari Gatsby bahwa Daisy-lah yang mengemudikan mobil karena ingin menenangkan diri. Akan tetapi, Gatsby ingin dirinya disalahkan. Walau terjadi insiden di Plaza, Gatsby yakin Daisy akan menghubunginya esok hari. Malamnya, ia mengungkapkan kepada Nick bahwa ia terlahir miskin dan nama aslinya ialah James Gatz. Paginya, Nick pergi kerja, sedangkan Gatsby berenang sebelum kolamnya dikeringkan untuk menghadapi musim gugur. Ia meminta agar teleponnya dibawa ke pinggir kolam supaya bisa menjawab panggilan telepon Daisy. Sementara itu, Tom memberitahu suami Myrtle, George, bahwa Gatsby adalah pengemudi mobil yang menabrak istrinya. George langsung menyimpulkan Gatsby adalah kekasih Myrtle. Di puri, Gatsby mendengar telepon berdering dan yakin itu Daisy. Setelah naik ke atas kolam sambil menatap rumah Daisy di seberang teluk, ia ditembak mati oleh George yang kemudian bunuh diri. Ternyata yang menelepon adalah Nick dan ia mendengar dua tembakan.
sampai saat gatsby meninggal, tak ada seorangpun disisinya kecuali nick carraway dan wartawan2 yang meliput kematian gatsby. mereka menyebut gatsby sebagai pacar myrtle, pembunuh, koruptor dan lain-lain nick berusaha menelpon daisy, agar daisy datang ke pemakaman gatsby. tapi daisy dan keluarga buchanan menolaknya. nick marah dan kemudian mengusir para wartawan. nick sedih melihat nasib gatsby yang dituduh macam2. hanya nick lah yang tau segala kebenarannya. nick pun pindah dari new york karena muak dengan sikap orang new york terutama orang2 kaya yang tidak berperikemanusiaan. terutama pada daisy dan tom buchanan, yang datng ke kehidupan gatsby lalu merusak kehidupannya dan pergi begitu saja.


nick carraway menyelesaikan tulisannya dan memberinya judul gatsby. kemudian ia merubah judul karyanya dengan menambahkan beberapa kata menjadi the great gatsby.

benar-benar film yang layak ditonton.. ^.^b

0 comments:

 
Copyright © 2010 mutaaririn lalala | Design : Noyod.Com | Images : Red_Priest_Usada, flashouille